Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasar Aset Kripto Masih Menunggu Sentimen Bitcoin ETF

Merujuk CoinMarketCap, dari 10 aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, aset kripto Solana (SOL) menjadi aset yg paling menguntungkan di tahun ini. Return dari pergerakan harganya mencapai 9.242% dari awal tahun hingga kuartal ketiga 2021.

CEO Triv Gabriel Rey, menilai, Solana mencatatkan kinerja yg ciamik di tahun ini dibanding 10 aset kripto lain dengan kapitalisasi pasar terbesar, sebab menggunakan metode terakhir bernama proof-of-history.

“Jadi kan Ethereum proof-of-stake, Bitcoin proof-of-work, dirinya pakai metode baru, dengan nama proof-of-history, serta kapasitas dirinya ini lebih besar daripada Visa serta Mastercard per detiknya, dari segi blockchain, pandangannya ini lebih baru daripada yg sebelumnya,” kata Gabriel.

Untuk pasar kripto dengan cara keseluruhan, Gabriel menilai tetap akan tetap baik. Menurut dia, selagi suku bunga dipertahankan tetap rendah, aset saham serta kripto akan tetap naik sebab tak ada lagi orang-orang parkir dana di deposito yg lebih kecil bunganya.

Gabriel berkata bahwa kenaikan suku bunga ini akan membikin pasar kripto serta saham terkena imbasnya, namun dalam jangka waktu yg pendek.  Dia menambahkan akan ada risk off alias aksi menghindari risiko serta investor akan lari ke obligasi AS, US Treasury jika tapering dilakukan alias suku bunga dinaikkan.

“Tetapi itu kan dalam jangka waktu pendek, jikalau keadaan stabil serta belum ada kenaikan suku bunga lagi dalam waktu dekat, otomatis investor akan kembali lagi di kripto serta saham, itu siklus yg biasa,” tutur dia.

Gabriel menambahkan, pengawas pasar modal AS, The U.S. Securities and Exchange Commission (SEC), memberitahukan bahwa tenggat waktu terakhir untuk bitcoin ETF, ditetapkan 8 Desember 2021. Menurut dia, jika ini diterima, jadi akan menjadi golden year bagi pasar aset kripto.

Untuk aset kripto yg lebih populer, semacam Bitcoin, serta Ethereum kenaikannya di tahun ini tetap lumayan besar. Bitcoin telah menguat sebanyak 51% dengan cara ytd, sedangkan Ethereum menguat sebanyak 208,55% dengan cara ytd.

Kinerja kedua aset kripto di kuartal ketiga 2021 juga lumayan baik. Bitcoin tetap mencatatkan kenaikan 24,97% serta Ethereum 31,97%. Kenaikan ini tetap ciamik, mengingat keadaan yg tak lebih baik bagi pasar kripto seusai Bank Sentral China memberitahukan jikalau transaksi aset kripto di negaranya resmi ilegal.